Kamis, 10 September 2009

TIPS AND TRIK MENJADI SUKSES DALAM USIA MUDA

casnocha

Pada dasarnya setiap manusia bisa menjadi yang terbaik dari dirinya apapun latar belakangnya, status sosial maupun ekonomi . Namun mengapa masih banyak manusia bahkan lebih dari lima puluh persen dari jumlah manusia di dunia yang tidak merasa demikian. Lalu dimana letak kesalahannya? Apakah semua itu sudah suratan takdir alias Nasib? Seandainya benar, apakah kita yakin kalau Tuhan menginginkan manusia yang notabene ciptaanNya yang paling sempurna ini menjadi sengsara dan merana. Tentu saja tidak. Hal ini bisa saya buktikan dengan kelebihan-kelebihan yang dianugerahi oleh Sang Pencipta kepada mahluk ciptaanNya yang disebut Manusia.

Manusia adalah mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna diantara mahluk-mahluk ciptaan lainnya. Selain dikarunia dengan bentuk tubuh yang fungsional, susunan tulang dan otot yang dapat memungkinkan untuk melakukan gerakan yang berbeda-beda, manusia masih dikarunia sebuah otak yang super canggih yang dapat mengontrol denyut jantung kita sampai dengan 100.000 kali/hari dan mampu mengatur kinerja memompa 25 000 liter darah melalui pembuluh darah yang panjangnya kalau dihubungkan dari ujung ke ujung panjangnya mencapai 100,000 km dan ini sama dengan panjang 2 kali bumi apabila ditarik garis lurus mengitari garis khatulistiwa. Itupun hanya sebagian kecil dari kemampuan otak kita dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya uraikan. Sungguh luar biasa apa yang mampu dilakukan oleh otak kita yang beratnya hanya 1.5 kg. Semua itu pula diatur dengan sendirinya oleh otak tanpa harus dipantau oleh si pemilik otak. Sungguh menakjubkan! Sebelum anda melanjutkan membaca artikel ini saya ingin anda merenung sejenak untuk menyadari betapa kita memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk kita dayagunakan untuk keberhasilan kita.

Jadi setelah menyadari keistimewaan diatas lalu apakah masih ada alasan bagi kita untuk menyalahkan Sang Pencipta apabila kita tidak dapat menjadi yang terbaik? Jadi apa yang menjadi penyebab bahwa manusia tidak bisa berprestasi? Ada beberapa faktor namun ada satu faktor yang sangat dominan dan hampir dialami oleh sebagian besar orang yaitu keyakinan, atau lebih spesifik-keyakinan akan kemampuan meraih sasarannya atau istilah lainnya Belief System. Keyakinan adalah sebuah kekuatan yang akan mendorong anda untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan anda. Keyakinan bagaikan kompas atau peta bagi manusia untuk menuju sasarannya. Faktor terbesar untuk menjadi yang terbaik adalah bukan terletak pada kemampuan maupun ketrampilan yang dimiliki melainkan pada Keyakinan.
Namun Keyakinan atau Belief System adalah dapat menjadi faktor penentu keberhasilan ataupun penentu kegagalan bagi manusia.

Mari kita lihat bagaimana keyakinan dapat sangat berpengaruh pada proses tercapai atau tidaknya sebuah prestasi. Bagaimana keyakinan itu tercipta? Keyakinan bisa tercipta dari pengalaman seseorang dan juga dari referensi atau contoh. Keyakinan berdasarkan pengalaman tercipta ketika anda melakukan suatu kegiatan, sedangkan keyakinan yang berdasarkan referensi atau contoh tercipta setelah anda melihat orang lain melakukannya. Misalnya anda melakukan suatu usaha ,apabila berhasil maka hasil tersebut akan menambah keyakinan dalam diri anda bahwa anda mampu, sebaliknya kalau gagal maka hasil tadi juga akan menambah keyakinan bahwa anda memang tidak mampu.
Dan kalau yang diambil oleh anda sebagai kesimpulan terakhir adalah ketidakmampuan maka selamanya anda tidak mampu. Kesimpulan ini sangat berbahaya karena akan terprogram secara tak sadar di dalam otak sebagai sebuah keyakinan baru yang negatif.

Para Achiever atau orang yang berprestasi didunia memiliki keyakinan yang sangat kuat terhadap kemampuan mereka dalam meraih prestasi puncak dalam karir maupun kehidupan.
Salah satu contohnya adalah Michael Dell, dia adalah salah seorang dari 10 orang terkaya didunia saat ini yang hanya berumur 39 tahun dari Amerika Serikat yang mana kekayaan pribadinya mencapai Rp 156 triliun (US$ 17 milyard), Dell adalah seorang pendiri dan CEO Perusahaan komputer raksasa DELL yang memproduksi PC (Personal Computer) dan Note book yang terbesar didunia dan perusahaan yang dibangun 19 tahun yang lalu dan mampu mengalahkan perusahaan raksasa lainnya seperti HP dan Compaq yang telah berumur lebih dari 50 tahun. Diusia 29 tahun Michael Dell sudah masuk dalam daftar 100 orang terkaya di dunia. Padahal sebelumnya di usia 19 tahun Michael Dell memulai usahanya sebagai salesman komputer dan mulai merakit dan menjualnya di kampus dan dia pun tidak menyelesaikan studinya namun hanya dalam waktu yang relatif singkat Dell dapat menguasai penjualan PC didunia.

Apa yang membuat Dell mampu berprestasi begitu luar biasa? Keyakinan, jawabnya. Keyakinan yang sangat kuat bahwa dia mampu menjadi yang terbaik. Usia yang muda dan minimnya pengalaman ketika dia memulai usahanya tidak membuat dia takut untuk bersaing dengan perusahaan sekelas HP dan IBM, bagi Dell usia muda berarti memiliki waktu yang lebih panjang untuk mencoba dan melakukan untuk menjadi yang terbesar dan terbaik didunia dan itulah yang dinamakan KEYAKINAN.

Bagaimana dengan kita? Karena keyakinan juga dapat tercipta karena referensi atau contoh pengalaman orang lain maka anda juga bisa mengambil atau bahkan "memodel" keyakinan dari orang-orang sukses seperti Michael Dell, Bill Gates, Michael Jordan atau siapa saja yang anda kagumi. Belajarlah dengan mereka, belajar cara mereka menghadapi tantangan, belajar belief system mereka dan hal lain yang anda butuhkan untuk menjadi yang terbaik karena untuk tujuan itulah manusia dilahirkan.

Saat ini dunia bisnis mulai dikuasai oleh anak muda! Salah satunya adalah Benedict T Casnocha, seorang pengusaha muda asal Amerika Serikat (AS) yang baru berusia 18 tahun.
Dalam usianya yang masih sangat muda, Casnocha telah memiliki perusahaan Comcate yang bergerak dibidang Penyedia Software (Piranti Lunak). Sejauh ini Camcote telah menggaet 50 Institusi Pemerintah di AS yang menjadi pelanggan. Saat ini Comcate hanya focus pada satu hal saja yaitu pertumbuhan..
Meskipun telah menjadi pengusaha sukses, style dan tingkah lakunya masih seperti kebanyakan anak muda kebanyakan.Namun tanggungjawabnya seperti orang dewasa. Dia mampu menunjukkan kebijaksanaan ketika memimpin rapat dan mengarahkan anak buahnya yang berusia lebih dewasa.

Dia membangun fondasi masa depan untuk menjadi eksekutif bisnis teknologi informasi, pengusaha sukses, dan miliader di masa depan.
Banyak pengusaha property dan pejabat pemerintah yang sering mengajak diskusi mengenai isu teknologi dan perkembangan bisnisnya.

Pada tahun 2007, Casnocha menghadiri konferensi pemimpin muda se dunia di Zemartt, Swiss. Casnocha dating bersama Benioff, 41. “casnocha merupakan anak yang beda dan memiliki potensi yang sangat berkembang,” ujar Benioff. “ saya akan membantunya dan bersarapan pagi dengannya kapan pun dia mau,” janjinya.

Berbagai komentar dilontarkan oleh Greg Prow, pengusaha dan eksekutif papan atas di AS,mengungkapkan sangat asyik berdiskusi dengan Casnocha, “sangat jarang, anda duduk dengan anak berusia belasan tahun kan? Bayangkan saja, dia (Casnocha) bercerita tentang rencananya mengubah dunia.” Ujarnya.

Menurut ayah Casnocha, David yang juga pengacara di dewan direksi Comcate,putranya itu termasuk pemberani dan genius. Putranya itu, katanya, memulai ide bisnisnya pada usia 17 tahun dan mulai membuat desain web pada usia 11 tahun.

Comcate dimulai saat Casnocha berada di kelas enam Sekolah Dasar. Dalam menjalankan bisnisnya, Casnocha pun melaksanakannya dengan serius. Dia merekrut para professional muda, dan menunjuk Dave Richmond menjadi pimpinan harian Comcate, “Mereka benar-benar serius,” kata Dave Richmond, 41. Saat itu usia Casnocha baru 14 tahun, meskipun Richmond merupakan “guru” bagi Casnocha, hubungan mereka tetap professional.

Dalam kesehariannya, Casnocha menuliskan pengalaman dan pemikiran mengenai bisnisnya untuk dijadikan sebuah buku, dan kadang menuangkan dalam blog pribadinya yang dapat anda akses dapat anda temukan berbagai trik dan tips dalam berbisnis.

Mudah-mudahan pengalaman Casnocha dapat membangun motivasi dan inspirasi anda untuk menjadi yang terbaik pula dalam bidang masing-masing. Kerja Keras adalah salah satu kunci keberhasilan anda dalam bidang apapun yang anda geluti

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar